on

Samsung Galaxy Note Edge Akhirnya Hadir, Seperti Apakah?

Samsung Galaxy Note Edge bagaimanapun harus diakui sebagai sebuah terobosan berani dan penting yang dilakukan oleh perusahaan asal Korea tersebut, terlepas dari pro dan kontra yang mengiringi proses kelahirannya sendiri. Semenjak diperkenalkan pada ajang IFA di awal tahun ini, saudara kembar Samsung Galaxy Note 4 itu hampir selalu menjadi trending topic. Kini setelah akhirnya Samsung Mobile benar-benar melepasnya ke pasar benarkah Galaxy Note Edge secanggih yang diharapkan sebelumnya?

Samsung Galaxy Note Edge sendiri menjadi device ketiga keluaran Samsung Mobile yang menggunakan casing metal, menyusul sebelumnya Samsung Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy Note 4. Jika dibandingkan casing plastik pada Samsung Galaxy S5 tentu kesan yang diberikan sama sekali berbeda. Tentu saja beberapa ciri khas seri Galaxy Note seperti S-Pen, faux-leather dan beberapa lainnya tetap dimiliki oleh Samsung Galaxy Note Edge.

Harga Samsung Galaxy Note Edge di Indonesia


Apa Saja Kelebihan Samsung Galaxy Note Edge?

Kelebihan Samsung Galaxy Note Edge atau lebih tepat sebenarnya disebut sebagai fitur unggulan tentu saja adalah layar berkurva (curved edged) pada salah satu tepinya. Terlepas dari desain unik tersebut layar ini menampilkan resolusi yang tinggi yaitu QuadHD+ dan seperti biasa pabrikan Korea itu mengandalkan tipe layar Super AMOLED.

Terlepas dari fakta bahwa fitur tersebut tak lebih dari sekedar fitur gimmick, layar berkurva di bagian tepi bukan saja unik dari sisi desain namun sekaligus juga mampu beroperasi secara mandiri dari layar utamanya. Untuk meminimalisir terjadinya goresan maka pihak pabrikan memberikan pelapis Gorilla Glass. Hanya saja versi yang diadopsi masih merupakan Gorilla Glass 3 bukannya Gorilla Glass 4 seperti pada Samsung Galaxy Alpha.

Dari sisi desain dan estetika layar Samsung Galaxy Note Edge layak mendapat apresiasi, sebaliknya dari sisi ergonomis desain tersebut bukan hanya tidak praktis namun juga perlu pembiasaan untuk mengoperasikannya. Mengingat sebagian besar pemilik Samsung Galaxy Note Edge akan tersihir oleh curved edge-nya sendiri maka bukan tidak mungkin pihak produsen tak memberi perhatian ekstra pada sisi praktis dan ergonomis.

Samsung Galaxy Note Edge Masuk Indonesia

Kualitas layarnya sangat baik, mampu menghadirkan warna serta gambar yang tajam khas layar Super AMOLED. Kondisi ini menempatkan Samsung Galaxy Note Edge setara dengan Samsung Galaxy Note 4 atau LG G3 dalam hal kualitas layar.

Seperti biasa pihak pabrikan menggunakan tampilan antar muka TouchWiz untuk mendampingi sistem operasi Android 4.4 KitKat yang dijalankan oleh Samsung Galaxy Note Edge. Walau demikian untuk mendukung fitur layar berkurva-nya maka ada beberapa modifikasi yang membedakan tampilan antar muka Samsung Galaxy Note Edge dengan Samsung Galaxy Note 4. Sisi negatifnya adalah hingga saat ini masih minim aplikasi Android yang dirancang secara khusus untuk dijalankan secara kompatibel dengan curved edge. Kondisi ini mungkin tetap akan berlangsung cukup lama kecuali Samsung Galaxy Note Edge laris manis di pasaran, dan mengingat bahwa unit yang diproduksi sendiri terbatas dan pihak pabrikan ingin menjaganya tetap eksklusif maka sejauh ini prospeknya tidak cukup menjanjikan.

Di sektor performa kecepatan tidak ada perbedaan antara Samsung Galaxy Note Edge dengan Samsung Galaxy Note 4. Tidak mengherankan mengingat keduanya sama-sama mengusung konfigurasi hardware yang sama seperti prosesor quad-core Snapdragon 805 dan RAM 3 GB. Baterai berkapasitas 3000 mAh sendiri mampu menjaga Samsung Galaxy Note Edge bertahan selama dua hari, tidak istimewa memang namun tetap di atas rata-rata smartphone kelas high-end pada umumnya.


Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note Edge

Name Samsung Galaxy Note Edge
Type Slate Form Factor (Full Touchscreen), Phablet with Stylus and Curved Edge Display
Price Category High-End (Flagship Level)
Dimensions151.3 x 82.4 x 8.3 mm
Weight 174 grams
Available Colors White, Black
Operating System Android 4.4.4 KitKat with TouchWiz Skin
Display 5.6 inches (~524 ppi pixel density), 1,600 x 2,560 pixels, Super AMOLED, Gorilla Glass 3 capacitive touchscreen, 16M colors
Processor, GPU, Chipset Snapdragon Version: Quad Core 2.7 GHz Krait 450 CPU, Adreno 420 GPU, Qualcomm Snapdragon 805 chipset

Exynos Version: Octa Core ~ Quad Core 1.3 GHz ARM Cortex A53 + 1.9GHz Quad Core Cortex A57 CPU, Mali-T760 GPU, Samsung Exynos 5433 chipset
RAM 3 GB RAM
Internal Storage 32 GB, expandable via microSD card slot, supports up to 64GB
Camera Main: 16 MegaPixels, 3456 x 4608 pixels, Optical Image stabilization, Autofocus, LED flash

Features: Rear Facing Camera ~ HDR (Rich tone), Selective Focus, Rear-cam Selfie, Beauty face, Virtual Tour Shot, Shot and More, Dual Camera

Front Facing Camera ~ Selfie, Wide Selfie

Front: 3.7 MegaPixels, f/1.9
Video Capture Main: 2160p @ 30fps, 1080p @ 60fps, Optical Image Stabilization

Front: 1080p @ 30 fps
Audio and Video Playback Video: H.264, MPEG-4, H.263, VC-1, WMV7, WMV8, Sorenson Spark, MP43, VP8,

HEVC, Full HD (1080p), UHD (depends on variant) Audio: MP3, AAC/AAC+/eAAC+, WMA, AMR-NB/WB, Vorbis, FLAC(*), WAV(*)

(*) Ultra High Quality Audio (~192KHz, 24 bit) support
Ports microUSB v2.0, TV-out (via MHL 3.0 A/V link), 3.5 mm audio jack
Connectivity, Sharing 4G LTE, 3G HSPA+, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (HT80), WiFi Hotspot, NFC, Bluetooth v 4.0 (LE) IR LED (Remote Control), S Beam, Samsung AllShare Play and Control, Samsung AllShare Cast (WiFi Display), Mirroring and Extension, Samsung AllShare Framework
Sensors Accelerometer, RGB Light, Digital Compass, Proximity, Gyro, Barometer, Temperature, Humidity, Gesture, Heart Rate Monitor, Finger Scanner, UV
GPS A-GPS, GLONASS, Beidou
Network 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, 4G Network LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
SIM Card Type microSIM
Battery Removable Li-Ion 3,000 mAh
Uptime TBD
Value-Added Features Flagship Release, Stylus and Gestures Support: New S Pen, LTE connectivity support, Top-notch internal specifications
Announcement WorldwidE: September 3, 2014, IFA Berlin
Availability UNKNOWN
Harga UNKNOWN

Kamera 16 MP Samsung Galaxy Note Edge memproses gambar dengan ketajaman yang agresif dan reproduksi warna dengan high saturation. Artinya pada satu sisi pengguna bakal mendapatkan kualitas gambar yang terkesan menarik namun sebenarnya tidak akurat. Secara menyeluruh kualitas kameranya tetap layak diapresiasi.

Harga Samsung Galaxy Note Edge?


Faktor minus terbesar dari Samsung Galaxy Note Edge tentu saja adalah harganya yang menempatkan phablet ini menjadi salah satu yang termahal di pasaran hingga hari ini. Benar bahwa Samsung ingin menjadikannya eksklusif, benar bahwa curved edge merupakan fitur yang menarik, namun harus semahal itukah Samsung Mobile membanderol harga Samsung Galaxy Note Edge?

Dalam sejarahnya beberapa produsen lain pernah membuat terobosan seperti LG kala merilis G Flex dan G Watch, atau Nokia kala merilis ponsel Nokia 808 PureView. Namun tak satupun dari ketiga gadget itu yang masih tampak canggih pada hari ini. Demikian pula halnya dengan Samsung Galaxy Note Edge, meski saat ini curved edge display tampak seperti teknologi masa depan namun sekitar setahun dari sekarang dipastikan hanya akan menjadi hal yang lumrah atau bahkan kuno.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3
Samsung Galaxy Note 4 LG G3
Harga Samsung Galaxy Note 4 Harga LG G3
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Tak bisa dipungkiri bahwa curved edge display pada Samsung Galaxy Note Edge bisa jadi merupakan tonggak penting dalam perkembangan di industri ponsel masa depan. Konon bahkan pabrikan yang sama tengah merencanakan untuk mengdopsi fitur tersebut untuk Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy S6. Namun dari sisi konsumen, terutama mereka yang membeli Samsung Galaxy Note Edge dengan harga selangit saat ini juga tak bisa ditampik bahwa mereka adalah bagian dari percobaan jangka panjang Samsung Mobile. Walaupun bagi mereka yang berduit tentu takkan ambil pusing. Jangankan harga Samsung Galaxy Note Edge, Tonino Lamborghini Tauri 88 yang harganya $6000 pun rela ditebus oleh kalangan berkantong tebal. Tapi bagi mereka yang berpendapatan biasa-biasa saja, termasuk kami di tim Bursa Harga Ponsel jangankan menebus Samsung Galaxy Note Edge, menebus Samsung Galaxy Note 4 saja harus berpikir dua kali, itu sebabnya sebagian dari kami menganggap LG G3 sebagai pilihan yang lebih masuk akal.