on

Perbandingan OnePlus 2 vs. Motorola Moto X Style vs. Flagship Smartphones

OnePlus 2 mewarisi gelar yang disandang pendahulunya sebagai “flagship killer”. Penyempurnaan yang diusung memang sangat signifikan, namun disaat yang bersamaan flagship smartphones pun turut mengalami penyempurnaan yang signifikan dibanding model tahun sebelumnya. Selain berhadapan dengan smartphone kelas high-end OnePlus 2 kini harus menghadapi perlawanan sengit dari produk sekelasnya yaitu Motorola Moto X Style. Bagaimana posisi OnePlus 2 di hadapan flagship smartphones serta Motorola Moto X Style tersebut kali ini?

Perbandingan OnePlus 2 vs. Motorola Moto X Style vs. flagship smartphones yang meliputi LG G4, Samsung Galaxy S6, HTC One M9 dan Sony Xperia Z3+ kali ini hendak melihat posisi smartphone terbaru keluaran OnePlus tersebut terhadap flagship models yang sesungguhnya. Tentu jawaban yang dicari adalah pantas atau tidaknya OnePlus 2 serta Motorola Moto X Style menyandang gelar sebagai “flagship killer” serta benar layakkah smartphone Android dengan spesifikasi tinggi dan harga murah ini dijadikan alternatif bagi para flagship model tersebut.

Perbandingan OnePlus 2 vs. Motorola Moto X Style vs. Flagship Smartphones


Ulas Perbandingan OnePlus 2 vs. Motorola Moto X Style vs. LG G4 vs. Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. Sony Xperia Z3+

Dengan dimensi 151.8 x 74.9 x 9.85 mm dan bobot 175 gram OnePlus 2 memiliki dimensi yang lebih besar dan bobot lebih berat jika dibandingkan flagship smartphones keluaran tahun ini. Bahkan di kelasnya sendiri (mid-end) hanya Motorola Moto X Style (Motorola Moto X Pure)-lah satu-satunya kompetitor yang memiliki dimensi lebih besar dan lebih berat dibanding OnePlus 2.

Pada sisi lain Samsung Galaxy S6 adalah yang tertipis sekaligus teringan diantara para kontestan dalam perbandingan ini dengan dimensi 143.4 x 70.5 x 6.8 mm dan bobot 138 gram.
Sony Xperia Z3+ berada di peringkat kedua dengan ketebalan maksimal 6.9 mm serta bobot 144 gram. Diikuti kemudian oleh LG G4 dan HTC One M9 pada posisi berikutnya masing-masing dengan tebal 9.8 dan 9.61 mm serta bobot 154 gr dan 157 gr.

Meski demikian dari sisi build quality maupun estetika desain OnePlus 2 maupun Motorola Moto X Style sama sekali tak terkesan inferior atau murahan dibandingkan kontestan lain yang notabene benar-benar adalah high-end smartphones. Bahkan Moto X Style tercatat sebagai yang paling unik karena menyediakan kombinasi warna serta desain casing terbanyak, diikuti oleh OnePlus 2 dan LG G4.

Samsung Galaxy S6, HTC One M9 serta Sony Xperia Z3+ menyediakan pilihan casing paling sedikit sekaligus paling konvensional jika dibandingkan ketiga smartphone lain yang menjadi peserta dalam perbandingan kali ini.

Sedangkan pada point perbandingan layar keputusan OnePlus untuk tetap bertahan dengan layar beresolusi Full HD membuat OnePlus 2 menjadi peserta paling inferior. Sebaliknya posisi pertama dihuni oleh LG G4 dengan layar beresolusi QuadHD dan kepadatan warna mencapai 528 ppi. Baik secara teoritis maupun aktual kualitas layar LG G4 memang tampak lebih hidup, tajam dan jelas dibanding kontestan lain.

Samsung Galaxy S6 memang memiliki kepadatan warna paling tinggi yaitu 575 ppi namun saturasi warna pada layar Super AMOLED bukanlah selera setiap orang. Itu sebabnya kami menempatkannya berada di bawah LG G4. Peringkat berikutnya secara mengejutkan justru dihuni oleh smartphone kelas mid-end< lain yaitu Motorola Moto X Style. Sebab sama halnya dengan OnePlus 2, Xperia Z3+ serta One M9 masih menggunakan resolusi FHD meski tentu saja tingkat kepadatan warnanya lebih tinggi dibanding OnePlus 2.

Motorola Moto X Style dan OnePlus 2 di atas kertas tampaknya berimbang dengan empat smartphone kelas high-end yang turut serta dalam perbandingan ini pada fitur kamera. OnePlus memberikan kamera utama 13 MP, Motorola bahkan dengan sensor 20 MP. Namun angka-angka tersebut bukan penentu kualitas yang sebenarnya.

Pada kondisi aktual kamera LG G4 tetaplah yang terbaik di antara semua smartphone yang ada saat ini, bahkan jauh lebih baik dibanding kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Samsung Galaxy S6 berada di peringkat kedua diikuti oleh Sony Xperia Z3+. Sedangkan HTC One M9 sendiri kali ini dalam posisi setara dengan Moto X Style maupun OnePlus 2.

Performa OnePlus 2 tampak paling menjanjikan secara teoritis berkat kombinasi antara prosesor octa-core dari Snapdragon 810 dengan RAM 4 GB. Sementara kontestan lain hanya memiliki RAM berkapasitas 3 GB, bahkan LG G4 serta Motorola Moto X Style hanya menggunakan prosesor hexa-core. Namun sekali lagi gambaran teoritis tersebut tak mewakili kondisi sesungguhnya. Tak satupun dari kontestan-kontestan dalam perbandingan ini yang mengalami gejala lag maupun lambat dalam melakukan loading.

Untuk perbandingan fitur, OnePlus 2 memang tak memiliki modul NFC seperti smartphone high-end. Namun keberadaan pemindai sidik jari serta USB port tipe C membuatnya tetap layak disejajarkan.
Motorola Moto X Style-lah yang paling miskin fitur tambahan di sini, keunggulannya adalah casing bersertifikasi IP52 yang membuatnya unggul atas OnePlus 2, HTC One M9 serta Samsung Galaxy S6 namun tetap inferior dibanding Sony Xperia Z3+ yang mengantongi sertifikasi lebih tinggi yaitu IP65 dan IP68.

Selain OnePlus 2 dan Samsung Galaxy S6 tak satupun diantara para kontestan yang dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Samsung adalah yang paling unggul di sektor ini karena dilengkapi pula dengan monitor detak jantung.


Kesimpulan Perbandingan OnePlus 2 vs. Motorola Moto X Style vs. LG G4 vs. Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. Sony Xperia Z3+

Beberapa point kesimpulan yang bisa diambil dari uraian di atas adalah bahwa dari sisi dimensi Samsung Galaxy S6 adalah yang tertipis dan teringan, sementara Motorola Moto X Style adalah yang terbesar sekaligus terberat bobotnya.

Layar Motorola Moto X Style adalah yang terbesar di antara kontestan, layar Galaxy S6 memiliki tingkat kepadatan warna paling tinggi namun layar LG G4 lah yang tampaknya bakal memenuhi selera kebanyakan orang. HTC One M9 serta OnePlus 2 adalah yang terendah di point layar.

Pada poin perbandingan kamera LG G4 masih menjadi yang terbaik diikuti oleh Samsung Galaxy S6 dan Sony Xperia Z3+. OnePlus 2 dan Motorola Moto X Style layak mendapat apresiasi karena layak disejajarkan dengan HTC One M9 yang banderolnya lebih mahal.

Secara menyeluruh baik OnePlus 2 maupun Motorola Moto X Style sama-sama layak mendapat apresiasi tinggi karena menawarkan spesifikasi tinggi berikut fitur serta performa superior meski banderolnya jauh lebih terjangkau dibanding Samsung Galaxy S6, LG G4, Sony Xperia Z3+ serta HTC One M9. Namun menyebutkan bahwa kedua “flagship killers” tersebut sanggup mengancam penjualan Samsung Galaxy S6, LG G4, Sony Xperia Z3+ rasanya terlalu didramatisir. Mungkin hanya HTC One M9-lah yang bakal terancam, dan itu juga bukan hal baru mengingat pabrikan asal Taiwan tersebut sudah mengalami struggling semenjak tahun lalu.