on

Kamera iPhone 6s: Mampukah Mengalahkan Kamera Smartphone Android?

Pada artikel perbandingan kamera iPhone 6 vs. kamera smartphone Android kelas high-end beberapa waktu lalu terbukti bahwa beberapa smartphone Android kelas high-end antara lain Samsung Galaxy S6 dan LG G4 dengan cukup telak mengalahkan smartphone andalan Apple tersebut. Berangkat dari situlah Apple memberikan modul kamera baru untuk iPhone 6s, namun cukupkah kamera tersebut berhadapan dengan kompetitor berbeda basis sistem operasi tersebut?

Di masa lalu mayoritas konsumen setia menanti kelahiran iPhone terbaru, meski ada banyak hal yang melatarbelakangi penantian tersebut namun hal terutama diantaranya adalah harapan akan inovasi di fitur kamera. Memang penantian tersebut sebelumnya tak pernah mengecewakan sebab pabrikan berbasis di Cupertino tersebut mampu menjawab ekspektasi konsumen dengan baik. Sayangnya semenjak generasi iPhone 4s tak ada lagi ubahan pada fitur tersebut padahal para kompetitor berbenah dengan serius. iPhone 6s tercatat sebagai iPhone pertama yang mengusung kamera baru semenjak generasi 4s, inikah jawaban Apple terhadap gempuran para kompetitor? Atau sekedar upaya kecil untuk mempertahankan loyalitas konsumen?

Kamera iPhone 6s: Mampukah Mengalahkan Kamera Smartphone Android?


Sebaik Apakah Kamera iPhone 6s Dibanding Kompetitor?

Dibandingkan kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang notabene merupakan modul kamera yang sama dengan iPhone 4s dan generasi setelahnya, bukan hanya sensor iPhone 6s meningkat namun sang produsen juga sudah menyertakan dukungan rekam klip/video pada resolusi 4K yang saat ini menjadi trend smartphone kelas high-end.

Karenanya tak terlalu mengherankan jika saat pertama kali Apple mengumumkan bahwa iPhone terbaru bakal mengusung modul kamera baru maka ekspektasi calon konsumen pun seketika melambung. Berbagai spekulasi terhadapnya menyebar dengan cepat di dunia maya, beberapa rumor memang terdengar too good to be true namun setidaknya sekedar berharap kamera iPhone 6s bakal mengalahkan kamera smartphone Android dan mengembalikan iPhone ke tahta semula rasanya cukup masuk akal kala itu.

Samsung Galaxy S6 dan LG G4 sebelumnya adalah dua nama di puncak daftar smartphone dengan kamera terbaik dimana dua diantaranya terbukti memiliki kamera yang lebih baik ketimbang iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Sensor kamera 12 MP yang kini diandalkan oleh iPhone 6s dan iPhone 6s Plus secara teoritis merupakan peningkatan sigfinikan dibanding iPhone 4s hingga iPhone 6 yang hanya menggunakan sensor 8 MP dan teknologi outdated. Memang mayoritas pengguna smartphone hanya akan menikmati foto-foto yang diabadikan olehnya dari layar smartphone, karena itu wajar jika tak sedikit pengguna iPhone yang tak terlalu mempermasalahkan kualitas kamera iPhone yang ketinggalan jaman selama beberapa tahun terakhir. Namun, meski sedikit faktanya banyak penikmat fotografi yang sebelumnya demikian mengandalkan kamera iPhone sebagai kamera cadangan dan mereka ini senantiasa mencetak foto yang dihasilkan atau menikmatinya di layar televisi. Dalam kasus ini maka inferior-nya kamera iPhone 6 menjadi jelas.

Kamera iPhone 6s vs. Android

Pada review-review kamera iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang sudah banyak bisa dinikmati semenjak beberapa bulan belakangan ini mayoritas pengulas memberikan pujian terhadapnya. Namun kala mencoba langsung ternyata kami tidak terlalu sependapat dengan sanjungan terhadap kamera iPhone 6s tersebut.

Foto berikut diambil dari kamera iPhone 6s (atas) dan iPhone 6 (bawah). Pada foto yang lebih besar tampak secara menyeluruh ada peningkatan detil serta akurasi warna dari kamera iPhone 6s dibandingkan iPhone 6, namun kala diperbesar (lihat foto berikutnya) maka baru kentara bahwa sebenarnya tak banyak perbedaan antara kedua foto yang dihasilkan oleh dua kamera berbeda tersebut.

Kamera iPhone 6s vs. Android


Kamera iPhone 6s vs. Android

Selain kontras serta ketajaman yang lebih baik sulit sebenarnya menemukan kelebihan kamera iPhone 6s dibanding kamera iPhone 6. Dan kabar buruknya, kala digunakan di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan optimal maka detil serta ketajaman foto yang dihasilkan dari kamera iPhone 6s masih kalah dari kamera LG G4 dan Samsung Galaxy S6.

Kamera iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6

Walau demikian saat digunakan dalam kondisi cuaca mendung atau situasi dimana tingkat pencahayaannya tidak ideal (low light) keadaannya berbalik. Tingkat ketajaman serta detilnya memang masih tak mampu disejajarkan dengan kamera Galaxy S6 atau LG G4 namun reproduksi warna foto dari kamera iPhone 6s pada kondisi ini jauh lebih akurat. Di sinilah keunggulan kamera iPhone 6s dibanding kamera Galaxy S6 dan LG G4. Tentu saja perlu dicatat bahwa interpretasi seseorang terhadap akurasi warna bisa berbeda satu sama lain.

Kala digunakan di malam hari dan di dalam ruangan kamera LG G4 menghasilkan efek haze dan refraction yang cukup ganjil, sementara kamera Galaxy S6 cenderung agresif meningkatkan saturasi warna serta kontras maka tinggal kamera iPhone 6s yang paling menonjol berkat warna natural. Kabar baik bagi Anda yang tidak brand minded serta mengedepankan value for money, sebab dalam kondisi ini kamera Motorola Moto X Style (Pure) hanya satu level dibawah iPhone 6s dan artinya lebih baik dari LG G4 maupun Galaxy S6.

Kamera iPhone 6s vs. LG G4

Bagaimana dengan kamera selfie iPhone 6s dibanding Galaxy S6 dan LG G4? Jujur saja kami bukan penggemar foto selfie maupun kamera sekunder. Ketiga smartphone menghasilkan karakter yang berbeda namun tak satupun dari ketiganya yang layak diapresiasi.

Lantas bagaimana dengan fitur rekam video 4K yang dimiliki oleh iPhone 6s? Faktanya mayoritas pengguna smartphone tak cukup memiliki concern terhadap video 4K. Beberapa tak pernah menggunakan, beberapa tak bisa membedakan bahkan tak sedikit pula yang cukup paham apa maknanya. Dalam pengujian, video dengan resolusi 4K ini hanya unggul dalam detil gambar sisanya tak tampak ada perbedaan berarti mulai dari ketajaman warna, dynamic range bahkan performanya dalam kondisi minim cahaya.

Samsung Galaxy S6 dan LG G4 pun menawarkan fitur serupa, menariknya (atau menyedihkannya) kala ketiganya dibandingkan tak tampak ada perbedaan kecuali lagi-lagi keunggulan kamera iPhone 6s dari sisi akurasi warna sementara kamera Galaxy S6 unggul dari sisi kepraktisan berkat lensa lebih lebar.

Manfaat kemampuan kamera smartphone merekam klip pada resolusi tinggi mungkin lebih dirasakan oleh mereka yang berencana melakukan olah video karena detil yang tinggi memberikan fleksibilitas ekstra terutama saat hendak melakukan cropping. Sementara bagia mayoritas pengguna mungkin keberadaan fitur ini bakal lebih terasa sebagai gimmick.

Sekedar pengingat bahwa merekam video dalam resolusi 4K memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Klip berdurasi 30 detik saja membutuhkan ruang sebenar 180 MB, mengingat Galaxy S6 dan iPhone 6s sama-sama tak menyediakan ruang penyimpanan eksternal maka Anda mesti rajin memindahkaan klip-klip tersebut secara berkala ke PC.

Keunggulan kamera iPhone 6s dibanding Android dalam merekam klip yang menonjol adalah kepraktisan pada mode slow motion 240fps@720p dan 120fps@1080p, sampai sekarang tak satupun smartphone Android yang sanggup menyamainya.

Bagaimana Posisi Kamera iPhone 6s Dibandingkan Kamera Android Smartphone?

Dari pengujian bisa ditarik beberapa kesimpulan terhadap kamera iPhone 6s terhadap iPhone 6, LG G4, Samsung Galaxy S6 dan Moto X Style sebagai berikut:

  • Kecepatan auto-focus-nya meningkat pesat dibanding iPhone 6 meski masih kalah dari LG G4.
  • Fitur OIS yang hanya terdapat pada iPhone 6s Plus terbukti meningkatkan kualitas foto dalam kondisi pencahayaan kurang ideal. iPhone 6s belum dilengkapi fitur tersebut, sementara iPhone 6s Plus, LG G4 dan Galaxy S6 sudah.
  • Aktivasi fitur rekam klip 4K tidak cukup praktis karena dilakukan lewat menu yang disediakan bukan lewat aplikasi kamera atau shortcut.
  • Bagi Anda yang gemar melakukan olah foto perlu diingat bahwa iPhone 6s dan iPhone 6s Plus belum mendukung penyimpanan dalam format RAW seperti pada LG G4 dan Samsung Galaxy S6 Edge.

Kamera iPhone 6s vs. Android


Secara keseluruhan memang ada peningkatan pada kamera iPhone 6s dibanding pendahulunya, namun bukan saja peningkatan tersebut sangat minim juga masih belum mampu membawa iPhone kembali menjadi smartphone dengan kamera terbaik sebagaimana menjadi haknya di masa lalu. Meski kamera Galaxy S6 dan LG G4 pun bukannya tanpa kelemahan namun keduanya masih menawarkan teknologi, fitur dan performa keseluruhan yang tetap lebih baik dibanding kamera iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.