on

Entry-level Netbook Acer Aspire ES1-131: Pas Untuk Pelajar

Selain Lenovo S20-30 yang pernah diulas beberapa waktu lalu salah satu entry-level netbook favorit tahun ini adalah Acer Aspire ES1-131 yang dibanderol dengan harga setara dan menawarkan spesifikasi setara pula. Di segmen paling rendah ini Acer sukses menjungkalkan Asus dalam penjualan netbook sepanjang tahun 2014 lalu.

Netbook Acer Aspire ES1-131 sendiri merupakan hasil penyempurnaan dari netbook murah buatan pabrikan asal Taiwan ini tahun lalu yaitu Acer Aspire ES1-111. Sang produsen tentu berharap produk terbarunya di segmen low-end ini akan mampu mempertahankan prestasi penjualan mereka tahun sebelumnya dan tetap mengungguli kompetitor senegaranya: Asus. Seperti apakah penyempurnaan yang dilakukan Acer terhadap netbook terbarunya ini?

Spesifikasi dan Harga Netbook Acer Aspire ES1-131


Membedah Netbook Murah untuk Pelajar: Acer Aspire ES1-131

Desain, penampilan serta build quality dari netbook Acer Aspire ES1-131 sama sekali tidak berbeda dari ES1-111. Karena itu kami tidak hendak mengulas kembali poin ini. Seperti sebelumnya netbook buatan Acer ini termasuk yang paling mudah dibuka casing-nya dibanding merek lain. Hanya saja masih seperti sebelumnya pula RAM serta media penyimpanan tersolder pada motherboard sehingga selain untuk keperluan membersihkan tak banyak yang bisa dilakukan oleh pemilik. Di dalam terlihat slot untuk hard-drive 2.5 inch namun tidak bisa dimanfaatkan untuk menambah media penyimpanan karena tidak terdapat slot penghubung.

Kelebihan dan Kekurangan Netbook Acer Aspire ES1-131

Jika dibanding Asus X200MA dan Asus X205TA build quality Acer Aspire ES1-131 jauh lebih kokoh dan solid.
Dalam hal konektivitas netbook keluaran Acer ini juga terbilang kaya karena menawarkan 1x USB 2.0, 1x USB 3.0, HDMI, Gigabit LAN serta SD card reader, modul Broadcomm BCM43142 yang menyediakan Wi-Fi 802.11 b/g/n juga tersedia.

Laptop Untuk Mahasiwa dan Pelajar

Di sektor layar Acer juga masih mempertahankan layar sebelumnya, layar berukuran 11.6 inch ini menampilkan resolusi maksimal 1366x768 pixels dengan permukaan matte yang membuatnya tidak terlalu reflektif kala digunakan di luar ruangan. Ditunjang lagi dengan tingkat kecerahan mencapai 250 cd/m² selama tidak terpapar sinar matahari secara langsung pada dasarnya layar netbook Acer ini layak digunakan di luar ruangan.

Viewing angles layar Acer Aspire ES1-131 terbilang baik untuk ukuran netbook di kisaran harga ini, meski akurasi warna yang dihasilkan tidak telalu menggembirakan.

Netbook Murah untuk Mahasiswa dan Pelajar

Untuk performa kecepatan Acer Aspire ES1-131 sendiri sang produsen mempercayakan prosesor Intel Celeron N3050 dual-core dari keluarga Braswell untuk menggantikan N2840 pada ES1-111. Dari sisi performa sebenarnya tidak terasa peningkatan berarti, sebab fokus prosesor keluarga Braswell ini lebih pada efisiensi penggunaan sumber daya utamanya baterai. Kapasitas RAM-nya masih tetap 2 GB seperti sebelumnya.
Performa sistem pada Acer Aspire ES1-131 sendiri lebih baik dibanding Lenovo S20-30 maupun Asus X200MA dan Asus X205TA. Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan performa sistem ES1-131 lebih baik dari beberapa kompetitor sekelas yaitu penggunaan media penyimpanan tipe eMMC yang lebih cepat dalam transfer data serta GPU dari generasi Bay Trail.

eMMC berkapasitas 32 GB sendiri merupakan standar minimal untuk sebuah laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 10, dari total kapasitas tersebut hanya tersisa lebih kurang 10 GB untuk bisa dimanfaatkan oleh pengguna sebab sebagian besar sudah dihuni oleh sistem operasi beserta aplikasi bawaan. Sekedar catatan bahwa kebanyakan ES1-131 yang dijual di Indonesia tidak menggunakan eMMC melainkan HDD berkapasitas 500 GB dan menjalankan sistem operasi Windows 8.1 with Bing.

Prosesor Intel Celeron N3050 memang hanya memilki keunggulan tipis dari sisi performa dibanding prosesor yang digunakan pendahulunya, namun dari sisi performa GPU peningkatannya hampir mencapai 100%. GPU Intel HD Graphics ini memiliki performa setara dengan GPU R3 pada prosesor AMD. Artinya untuk pertama kalinya dalam sejarah GPU Intel mampu menyamai GPU AMD di kelas entry-level.

Pada unit Acer Aspire ES1-131 yang diulas di sini sendiri kecepatan GPU-nya dipatok pada 600 MHz, namun beberapa versi yang beredar di pasaran ditemukan dipatok pada nilai 700 MHz. Selain itu memori pada unit yang diuji coba di sini juga hanya bekerja pada single-channel. Artinya angka yang diraih pada uji benchmark 3D Mark masih bisa mencapai poin lebih tinggi jika Acer Aspire ES1-131 yang Anda miliki GPU-nya dipatok pada frekuensi 700 MHz dan memori-nya sudah bekerja pada dual-channel.

Kelebihan yang didapat dari peningkatan performa GPU tersebut bisa dirasakan kala memutar film maupun klip pada Youtube yang beresolusi 4K dan video dengan encode H.265.
Namun jangan diharap netbook keluaran Acer ini bakal sanggup menjalankan game kompleks. Siapapun tentu sudah paham bahwa netbook memang tidak dirancang untuk keperluan tersebut, lebih-lebih entry-level netbook seperti Acer Aspire ES1-131 ini.

Pada pengujian stabilitas suhu baik dalam model AC (listrik) maupun baterai pada heavy load temperatur Acer Aspire ES1-131 terbilang stabil, suhu tertinggi hanya tercatat 40 Derajat Celcius.

Mengingat salah satu keunggulan prosesor generasi Broadwell terletak pada efisiensi penggunaan atau konsumsi baterai maka tentu membuat calon konsumen penasaran seberapa efektif atau signifikan perbedaannya dibanding ES1-111 yang masih menggunakan prosesor generasi Haswell. Kala laptop di-set pada profil ‘Balance’ dengan kondisi modul Wi-Fi aktif dan kecerahan layar 150 cd/m² baterainya sanggup bertahan selama 9 jam 14 menit. Di sini kentara sekala perbedaannya dibanding Acer Aspire ES1-111 yang pada pengujian dengan kondisi serupa baterainya hanya bertahan selama 5 jam dan 29 menit.

Acer Aspire ES1-131 Indonesia

Hasil uji stamina baterai ini juga menempatkan Acer Aspire ES1-131 sebagai netbook dengan stamina baterai paling tahan lama di kelasnya (554 menit) dibanding Asus X205TA dengan 545 menit, Lenovo S20-30 dengan 328 menit dan HP Stream 11 yang tercatat 396 menit.

Opini Terhadap Netbook Murah untuk Pelajar Acer Aspire ES1-131


Harga Netbook Acer Aspire ES1-131
Hitam
Harga Netbook Acer Aspire ES1-131
Jual Netbook Acer Aspire ES1-131

Acer Aspire ES1-131 terbukti menjadi salah satu pilihan laptop paling ideal untuk mahasiswa dan pelajar, performa komputasinya mumpuni untuk menjalankan aplikasi office serta menjelajah dunia maya. Performa GPU yang meningkat hampir 100% dari pendahulunya membuat ia sanggup menjalankan video beresolusi tinggi dengan sangat mulus. Namun dari kesemuanya alasan utama membeli Acer Aspire ES1-131 adalah stamina baterai yang luar biasa.