on

Samsung Galaxy J5 Edisi 2016 Spesifikasi Baru

Samsung Galaxy J5 2016 kini tersedia dalam pilihan warna gold, hitam dan putih dengan prosesor Quad-Core, 1.2GHz, baterai 3100 mAh, layar 5 .2 inch serta kamera  CMOS 13.0 MP.
“Love it or hate it”, ungkapan tersebut tahun lalu kental dialamatkan pada salah satu produk Samsung terbaru yaitu Samsung Galaxy J5. Pasalnya meski dalam beberapa hal ia menuai kritik pedas namun secara keseluruhan Galaxy J5 menunjukkan diri sanggup menawarkan best value for the money untuk smartphone Android kelas menengah. Banyak yang semula antipati terhadapnya pada akhirnya justru jatuh hati kala memutuskan membeli dan menggunakan Galaxy J5.

Tahun ini sang produsen melakukan update atau penyempurnaan lewat Samsung Galaxy J5 2016. Tentunya banyak yang penasaran mengenai perbedaan Samsung Galaxy J5 terbaru dengan pandahulunya, serta penyempurnaan apa saja yang dilakukan Samsung terhadap salah satu produknya yang paling populer di tahun 2015 lalu.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5


Mengenal Build Quality dan Spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Terbaru

SIM Dual SIM (Micro-SIM)
Dimensi 142.1 x 71.8 x 7.9mm
Berat Keseluruhan 146 g
Teknologi Layar Super AMOLED, 16M colors
Dimensi Layar 5.0 inci 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Memori Internal 8 GB
Memori Eksternal microSD, up to 128 GB
RAM 1.5 GB
OS Android Lollipop 5.1
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306
Modul Internet HSPA 21.1/5.76 Mbps, 4G LTE
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0
Kamera Primer 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, Video
Kamera Sekunder 5 MP + LED Flash
Kapasitas Baterai Li-Ion 2600 mAh

Tahun lalu salah satu kompetitor terberat bagi Samsung Galaxy J5 adalah Xiaomi Mi4i, Samsung bagaimanapun lebih populer karena dukungan purna jual yang memberi rasa lebih aman bagi konsumen dibanding Xiaomi. Tahun ini tantangan berat tampaknya bakal datang dari Xiaomi Redmi Note 3, Asus Zenfone 3 serta Lenovo Vibe K4 Note.

Dari sisi build quality Samsung masih mengandalkan material plastik, sebab lini J memang dimaksudkan sebagai budget phone maka material logam seperti pada lini Galaxy A tampaknya takkan pernah menyentuh Galaxy J. Namun bukan berarti tak ada peningkatan, sebab setidaknya pada cover bagian belakang Samsung Galaxy J5 edisi 2016 kini menggunakan material aluminium.

Bukan saja bagian belakang kini terasa lebih kokoh berkat cover aluminium namun juga permukaan yang dibuat kasar membuatnya tidak lagi licin dalam genggaman. Masih di bagian belakang, ubahan minim bisa dilihat juga pada pertukaran posisi antara lampu LED dan speaker.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5

Sensor pemindai sidik jari masih belum menjadi bagian dari Samsung Galaxy J5 2016, cukup bisa dipahami jika melihat sejarah Samsung dalam meracik produknya selama ini. Setidaknya dari sisi build quality ia terbilang kokoh dan semua tombol bekerja reponsif.
Dilihat dari sisi estetika penampilan Samsung Galaxy J5 tak tampak menarik terutama jika dibandingkan lini Galaxy A 2016. Namun ada keunggulan lain dari penampilan plain ini, tampilan sederhananya membuat ia cenderung futureproof jika Anda ingin mempertahankannya hingga beberapa tahun kedepan.

Pada bagian depan tidak ada perubahan, layar Super AMOLED berukuran 5.2 inch dengan resolusi setara HD masih menjadi andalan. Memang layar Super AMOLED ini tak sebaik pada Galaxy S7 namun untuk ukuran smartphone kelas menengah ia terbilang istimewa dengan tingkat kepekatan warna hitam yang solid, warna tampak hidup serta saturasi yang unik.

Tahun lalu salah satu kritik yang dialamatkan pada Samsung Galaxy J5 adalah pada sektor kamera, banyak yang menilai kualitas foto hasil kamera Galaxy J5 kalah dibanding Xiaomi Mi4i. Sayangnya tahun ini pun sang produsen tidak melakukan ubahan. Kamera utama 13 MP dengan sensor f/1.9 masih menjadi andalan. Namun untuk kamera sekunder aperture-nya meningkat dari f/2.2 menjadi f/1.9 yang bakal diapresiasi penggemar selfie dan wefie.

Foto hasil kamera Samsung Galaxy J5 2016 memang masih sama persis seperti pendahulunya. Terlepas dari kritikan yang banyak ditujukan kepadanya foto-foto tersebut memiliki tingkat detil serta ketajaman sangat baik. Kelemahannya terdapat pada reproduksi warna yang cenderung kemerah-merahan serta dynamic range yang di bawah ideal. Tampaknya ketiadaan dukungan HDR merupakan sumber masalah dari kamera Galaxy J5.

Hasil Kamera Samsung Galaxy J5

Ketiadaan OIS juga menjadi tantangan lain kala menggunakan di dalam ruangan atau malam hari, demikian pula kala digunakan merekam klip video.

Sama seperti pendahulunya saat ini Samsung Galaxy J5 2016 masih menjalankan sistem operasi Android Lollipop, namun Samsung menjanjikan update Android Marshmallow dalam waktu dekat. Sedangkan tampilan antar muka TouchWiz masih sama persis seperti versi 2015.

Pada sektor performa Samsung Galaxy J5 2016 masih mempertahankan chipset Snapdragon 410 buatan Qualcomm, namun kapasitas RAM-nya kini meningkat dari 1.5 GB menjadi 2 GB. Gejala lagging masih terkadang muncul terutama saat melakukan multitasking, namun secara keseluruhan pengalaman yang ditawarkan bisa disejajarkan dengan Samsung Galaxy A 2016 yang notabene sudah menggunakan prosesor octa-core.

Speaker yang terletak di bagian belakang sama persis seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy J7. Output suara yang dihasilkan relatif jernih namun minim bass.

Impresi untuk Samsung Galaxy J5 2016

Harga Samsung Galaxy J5 seperti biasa dipatok lebih mahal dibanding kompetitor sekelas, namun dibandingkan sesama Samsung Galaxy maka ia termasuk terjangkau. Chipset quad-core serta layar beresolusi 720 pixels menjadikannya tampak ketinggalan dibanding Xiaomi Redmi Note 3, Asus Zenfone 3 atau Lenovo K4 Note, namun dalam keseharian ia masih terbukti mumpuni.

Cek Harga Samsung Galaxy J5 2016
Samsung Galaxy J5 2016
Harga Samsung Galaxy J5
Samsung Galaxy J5


Harga Samsung Galaxy J7 2016 hanya berselisih tipis, namun tentu setiap calon konsumen memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih bukan semata-mata soal selisih harga.