on

Mengenal Sosok Tablet Android Terbaik Sony Xperia Z4 Tablet

Sony Xperia Z4 Tablet yang dirilis untuk menggantikan Sony Xperia Z3 Tablet merupakan sebuah langkah berani atau bahkan cenderung spekulatif yang dilakukan oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Sony jauh-jauh hari menegaskan niatnya untuk berfokus pada bisnis intinya yaitu di bidang sinematografi dan mulai merampingkan lini produk di kategori lain termasuk smartphone. Karenanya keputusan mereka merilis Sony Xperia Z4 Tablet cukup mengejutkan mengingat pasar Tablet dalam dua tahun terakhir ini mulai lesu akibat tergencet oleh phablet di satu sisi dan hybrid di sisi yang lain.

Terlepas dari langkah yang sedikit kontroversial itu Sony Xperia Z4 Tablet tetap membawa keunggulan yang dimiliki oleh pendahulunya yaitu estetika desain yang begitu sophisticated dan belum mampu disamai oleh tablet Android manapun. Desainnya masih identik dengan desain yang mereka perkenalkan semenjak masa Xperia Z2 Tablet, namun dimensi Sony Xperia Z4 Tablet lebih tipis dibanding kedua generasi pendahulunya.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z4 Tablet


Spesifikasi Sony Xperia Z4 Tablet

Key Specs



  • 10.1-inches


  • WQXGA (2560x1600)


  • 389 grams (WiFi-only)/393 grams (4G)


  • Android 5.0 Lollipop


  • 5.1-megapixel


  • 8.1-megapixel


  • 2.0GHz/1.5GHz octa-core Qualcomm Snapdragon 810


  • 3GB RAM


  • 32GB. Expandable via microSD up to 128GB


  • Yes


  • IP68 waterproofing, PlayStation Remote Play, digital image stabilised camera

Bukan hanya dimensi tipis saja yang membuat Sony Xperia Z4 Tablet layak dilirik diantara Tablet Android lain, namun dengan bobot yang dimiliki juga menjadikannya sebagai Tablet 10 inch teringan yang ada di pasaran untuk saat ini.

Tablet Android Terbaik Sony Xperia Z4 Tablet

Casingnya masih memenuhi sertifikasi IP68 yang artinya tahan terendam air tawar dalam jangka waktu tertentu. Namun demi kepraktisan maka Sony melakukan langkah yang sama seperti pada Xperia M4 Aqua yaitu menghilangkan flap pada port micro USB-nya.

Kualitas layar juga menjadi sisi keunggulan bagi Sony Xperia Z4 Tablet di antara tablet 10 inch lain. Memang tak setiap orang menganggapnya penting namun jika Anda termasuk penggemar film atau games yang sering memainkannya di Tablet maka dijamin layar IPS dengan resolusi 2560 x 1600 pixels bakal memuaskan hobi tersebut.

Keunggulan di sektor layar itu masih didukung lagi dengan kualitas audio yang optimal berkat teknologi DSEE HX (Digital Sound Enhancement Engine) yang menghasilkan suara mantap sekaligus jernih pada volume tinggi sekalipun. Dan jika Anda menggunakan headphone keluaran BOSE atau Beats maka potensinya bakal terasa makin optimal.

Untuk sistem operasinya memang Sony Xperia Z4 Tablet sudah menjalankan sistem operasi terbaru yaitu Android Lollipop, meski demikian pihak pabrikan memberikan tampilan antar muka yang cantik dan kaya fitur sehingga membuat pengguna terkadang lupa sedang menggunakan Tablet yang berbasis Android.

Sony Xperia Z4 Tablet

Meski ada begitu banyak fitur yang disediakan oleh tampilan antar muka besutan Sony ini namun menariknya mayoritas aplikasi tersebut sangat ringan sehingga tak memboroskan sumber daya yang tersedia.

Bicara soal performa sendiri Sony memercayakan kepada chipset Qualcomm Snapdragon 810 yang memiliki prosesor octa-core terintegrasi. Tak perlu terlalu risau dengan rumor yang menyebut bahwa Snapragon 810 cenderung overheating. Pada Sony Xperia Z4 Tablet memang gejala tersebut timbul namun tidak pernah sampai pada tahap mengganggu kenyamanan maupun performa secara drastis.

Sony meningkatkan kapasitas memori internalnya menjadi 32 GB, sementara dukungan memori eksternal masih dipertahankan hingga kapasitas maksimum 128 GB.

Fitur kamera tak luput menjadi perhatian, meski pada dasarnya tak banyak ekspektasi yang bisa diletakkan untuk kamera Tablet. Pada bagian belakang pihak produsen menempatkan kamera 8 MP sementara kamera sekunder 5 MP melengkapi fitur pada Sony Xperia Z4 Tablet. Menariknya meski tak dilengkapi dengan flash namun kamera utama di bagian belakang mampu menangkap objek dalam kondisi pencayahaan kurang ideal dengan cukup baik. Mode macro-nya pun juga mampu bekerja dengan relatif baik, melebihi bayangan kami semula.

Kamera Sony Xperia Z4 Tablet

Sebaliknya untuk merekam video kamera Tablet Android terbaik ini masih dirasa kurang ideal, sekalipun di atas kertas prosesor octa-core yang diusungnya mestinya mampu mendukung perekaman klip dalam format 4K namun ketiadaan image stabilization menjadikan kualitasnya tidak maksimal.

Kesimpulan Ulasan Tablet Android Terbaik Sony Xperia Z4 Tablet

Menyebut Sony Xperia Z4 Tablet sebagai Tablet Android terbaik 2015 memang sama sekali tidak berlebihan. Terlepas dari fakta bahwa permintaan akan tablet makin menurun dalam dua tahun terakhir namun pabrikan asal Jepang ini masih tampil all out. Hal itu dibuktikan lewat kualitas layar, audio dan bahkan kamera yang jauh melebihi ekspektasi. Bonus lain yang didapat oleh konsumen adalah desain dengan estetika yang sangat layak mendapat apresiasi tersendiri.

Secara subjektif kami bahkan menilai bahwa Xperia Z4 Tablet memberi value for money dan kualitas lebih baik ketimbang iPad Air 2 keluaran Apple.