on

Deretan Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini

Belakangan lebar layar smartphone cenderung bertambah dibanding waktu-waktu sebelumnya. Memang sebagian besar calon konsumen memiliki preferensi membeli smartphone dengan layar lebar, namun atas nama kepraktisan beberapa konsumen masih memilih ukuran kompak diatas ukuran layar.

Beruntung setidaknya hingga saat ini masih ada cukup banyak flagship smartphones yang dimensinya masuk dalam kategori kompak. Tidak semua pabrikan memang merilis beberapa versi ukuran sekaligus dengan spesifikasi high-end, walau demikian sebenarnya tidak terlalu sulit menemukan smartphone terbaik dengan dimensi kompak.

Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini


Lima Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini


#1 Smartphone Kompak Terbaik: Sony Xperia Z5 Compact


Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini

Sony lagi-lagi masih yang paling mengakomodir beberapa segmen konsumen sekaligus. Jika sebelumnya Xperia Xperia Z3 Compact diakui sebagai smartphone kompak terbaik maka kini sang penerus tampak sukses mengambil alih peran dan predikat tersebut.
Dengan tetap mempertahankan layar berukuran 4.6 inch kali ini Sony Xperia Z5 Compact menawarkan beberapa kebaruan sekaligus penyempurnaan. Salah satu yang paling menonjol adalah keberadaan sensor pemindai sidik jari dimana dalam pengujian tingkat responivitas serta akurasinya sangat memuaskan.

Tak hanya itu saja yang menjadi keunggulan Sony Xperia Z5 Compact, sensor kamera 23 MP serta dukungan microSD belum lagi casing yang dirancang mampu menahan resapan air hingga kedalaman 1.5 meter dalam jangka waktu maksimal 30 menit membuatnya menonjol dibanding kompetitor sekelas.

#2 Smartphone Kompak Terbaik: Samsung Galaxy S6


Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini

Samsung memang terkenal payah kala membahas versi ‘Mini’, walau demikian model flagship mereka sebenarnya masih masuk dalam kategori kompak jika melihat perkembangan flagship model lain yang dewasa ini ukuran layarnya makin bengkak.
Perpaduan antara serat kaca serta logam yang membalut casing Galaxy S6 menjadikan penampilannya solid sekaligus premium dibanding para pendahulunya.

Sama halnya seperti Xperia Z5 Compact, Galaxy S6 pun sudah dilengkapi sensor pemindai sidik jari. Dan sekalipun di atas kertas sensor kamera utama 16 MP miliknya terkesan inferior dibanding kamera utama Xperia Z5 Compact namun tidak demikian dalam kenyataan. Kualitas foto yang dihasilkan serta performanya tidak berbeda jauh dari kamera 23 MP milik Xperia Z5 Compact.

#3 Smartphone Kompak Terbaik: iPhone 6s


Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini

iPhone 6s adalah generasi terakhir seri iPhone yang masih menggunakan layar berukuran 4.7 inch, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut semenjak tahun lalu mulai memecah fokus ke kategori phablet lewat seri iPhone Plus.
iPhone 6s sendiri mengusung penyempurnaan di sektor material casing serta modul kamera dibanding iPhone 6. Selain itu untuk pertama kalinya sang produsen memperkenalkan fitur TouchID yang menjadi unggulan duo iPhone terbaru.

Sejauh ini satu-satunya kelemahan iPhone 6s yang membuatnya hanya mampu berada di posisi ketiga dalam daftar ini adalah stamina baterai yang bahkan tidak sanggup bertahan selama sehari.

#4 Smartphone Kompak Terbaik: LG Nexus 5X


Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini

Andalan Google tahun ini memang berada di pundak Huawei Nexus 6P, namun ketika bicara dimensi sudah pasti LG Nexus 5X menjadi pilihan lebih ideal. Melanjutkan sukses Nexus 5 tahun sebelumnya kali ini Nexus 5X didaulat menjadi smartphone resmi Android Marshmallow dengan dibekali segudang fitur canggih seperti sensor pemindai sidik jari, kamera powerful serta port USB tipe C.

Mereka yang memuja “kemurnian” sistem operasi Android dengan tampilan stock Android serta bebas bloatware sudah pasti bakal menjatuhkan pilihan pada LG Nexus 5X dibanding nama-nama lain yang tersedia di pasaran.

#5 Smartphone Kompak Terbaik: Motorola Moto G 2015


Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini

Moto G 2015 mungkin memang merupakan satu-satunya non-flagship model yang berhasil masuk dalam daftar Smartphone Kompak Terbaik Tahun Ini. Namun memang tak ada smartphone berukuran kompak lainnya yang lebih pantas menggantikan posisi Moto G generasi ketiga ini.

Meski statusnya hanya sebagai smartphone kelas mid-low namun casing dengan sertifikasi IP67, kamera yang dicomot dari Nexus 6 serta dukungan memori eksternal menjadikannya pantas bersanding bersama nama-nama lain yang notebene dalam strata lebih tinggi.