on

Perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3

Perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3 menjadi menarik disimak mengingat bahwa meski diposisikan sebagai flagship phone oleh masing-masing produsen namun harga Xiaomi Mi5 maupun harga OnePlus 3 jauh lebih miring dari flagship buatan pabrikan mapan seperti Samsung, LG atau Apple.

Xiaomi Mi5 saat diperkenalkan mendapat pujian setinggi langit dari berbagai reviewer namun kompetitor senegaranya yaitu OnePlus pun telah belajar banyak dari kegagalan OnePlus 2 serta OnePlus X tahun lalu. Karenanya tidak berlebihan jika kehadiran OnePlus 3 dinilai bakal mampu menggoncang potensi sukses Xiaomi Mi5. Namun jika dihadapkan pada pilihan diantara keduanya mana yang lebih layak dipilih antara Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3?

Perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3


Mengulas Perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3

Xiaomi Mi5 sebagaimana pernah diulas pada review Xiaomi Mi5 sebelumnya bahwa dari sisi desain ia tampak memukau berkat paduan desain 3D glass dari Corning Gorilla Glass 4 dengan kerangka logam. Jika dibandingkan smartphone Xiaomi sebelumnya maka tampak sekali perubahan signifikan yang diusung oleh Mi5 ini. Dan yang membuatnya lebih istimewa sekaligus merupakan pencapaian prestasi luar biasa dari sang produsen adalah kesuksesan mereka dalam melahirkan ponsel yang badannya didominasi oleh serat kaca namun tidak licin dalam genggaman. Bobot serta dimensinya pun terasa pas di tangan.

Pada sisi lain OnePlus 3 meninggalkan ciri khas OnePlus generasi sebelumnya yang menghadirkan desain unik berupa sandstone. Pengorbanan tersebut ditempuh demi menghasilkan ponsel yang terasa lebih premium, tipis sekaligus ringan. Memang ia terasa lebih nyaman dalam genggaman dibanding dua generasi pendahulunya sayang pada sisi lain OnePlus 3 cenderung licin kala digenggam. Dan pula meski lebih kompak dibanding OnePlus One maupun OnePlus 2 tetap saja OnePlus 3 memiliki dimensi lebih besar jika dibandingkan Xiaomi Mi5. Dari sisi estetika juga tidak ada hal baru sebab dalam banyak hal penampilan OnePlus 3 justru lebih mirip dengan HTC seri One.

Rasa-rasanya untuk poin perbandingan desain Xiaomi Mi5 layak diunggulkan atas OnePlus 3.

Untuk poin perbandingan layar Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3 layar AMOLED berukuran 5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixles milik OnePlus 3 tampak sebagai sebuah lompatan signifikan dari OnePlus One serta OnePlus 2. Sang produsen sendiri menyebutnya sebagai Optic AMOLED yang dalam pengujian memang kentara ia mampu menghasilkan warna lebih kaya, lebih cerah dan lebih nyaman di mata jika dibandingkan OnePlus One maupun OnePlus 2. Tahun lalu sang produsen memang pernah menggunakan layar AMOLED untuk OnePlus X, namun tetap keduanya berbeda. Jika layar OnePlus X terkesan oversaturated maka pada layar OnePlus 3 reproduksi warna yang ditampilkan tampak lebih natural.

Pilih Xiaomi Mi5 atau OnePlus 3?

Xiaomi Mi5 sendiri mengusung layar 5.15 inch beresolusi 1080 x 1920 pixels yang memiliki kecerahan tinggi namun pada situasi lain ia mampu meredup secara optimal. Tingkat viewing angles maupun saturasi warnanya boleh dibilang mendekati sempurna baik digunakan di luar ruangan maupun di dalam ruang gelap sekalipun.

Tingkat kecerahan layar Xiaomi Mi5 sedikit superior dibandingkan layar OnePlus 3, namun perbedaannya sangat tipis dan rasanya bakal sulit dirasakan oleh mayoritas pengguna. Karenanya kami memilih hasil imbang untuk poin perbandingan layar.

Poin perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3 berikutnya adalah perangkat lunak (software). OnePlus 3 sebagaimana sudah diketahui mengandalkan Android Marshmallow 6.0.1 berbasis OxygenOS 3.1.2. Tampilan OxygenOS sendiri nyaris menyerupai stock Android sebagaimana digunakan oleh smartphone Nexus. OxygenOS boleh dibilang hampir tidak memiliki bloatware, kalaupun ada aplikasi bawaan maka itu hanya sekedar media player, gallery serta file manager.

Sebaliknya Xiaomi Mi5 dengan tampilan antar muka MIUI 7 melakukan ubahan cukup signifikan dari tampilan stock Android, fitur seperti “Now on Tap” yang menjadi andalan Google bahkan disingkirkan oleh sang produsen.

Memang mana yang lebih baik lebih ke persoalan selera, namun karena kami cenderung menggemari stock Android maka OnePlus 3 dipilih sebagai pemenang untuk poin perbandingan ini.

Selanjutnya membandingkan stamina baterai serta performa Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3 menjadi poin yang banyak menjadi pertimbangan calon konsumen.
Chipset Snapdragon 820 berpadu dengan RAM sebesar 6 GB diatas kertas menjadikan OnePlus 3 unggul atas Xiaomi Mi5. Lebih-lebih prosesor yang digunakan adalah 2.2 GHz Quad-core. Meski menggunakan chipset yang sama namun prosesor pada Mi5 berkecepatan 1.8 GHz, selain itu kapasitas RAM-nya hanya 3 GB.

Baik Xiaomi Mi5 maupun OnePlus 3 sama-sama tidak mendukung memori eksternal, setidaknya kapasitas memori internal OnePlus 3 dua kali lebih besar dibanding Xiaomi Mi5 (64 GB vs. 32 GB).
Dalam pengujian langsung OnePlus 3 memang menunjukkan performa lebih smooth, sementara ada kalanya Xiaomi Mi5 masih mengalami gejala lag.

Kelemahan OnePlus 3 dibanding Xiaomi Mi5 terdapat pada kualitas speaker, speaker tunggal pada smartphone OnePlus terbaru itu memang tidak buruk namun sebatas rata-rata. Sedangkan pada Mi5 Selain terasa lebih kencang juga minim distorsi.

Baik OnePlus 3 maupun Xiaomi Mi5 sama-sama mendukung dual SIM, 4G LTE serta NFC.

Sementara itu untuk stamina baterai secara mengejutkan OnePlus hanya memberikan baterai berkapasitas 3.000 mAh untuk OnePlus 3, padahal OnePlus One maupun OnePlus 2 pada masanya terkenal memiliki baterai dengan kapasitas besar. Namun stamina baterai OnePlus 3 masih terbilang di atas rata-rata, lebih-lebih ia didukung dengan Dash Charging yang dalam pengujian hanya memerlukan waktu 45 menit untuk mengisi ulang daya ke 100% dari posisi 0%. Dan selama pengisian ulang daya (recharging) tersebut suhu ponsel cenderung stabil meski digunakan menjalankan aplikasi berat.

Baterai Xiaomi Mi5 juga memiliki stamina yang baik, namun karena hanya mengandalkan fitur Quick Charge 3.0 dari Qualcomm maka poin perbandingan ini secara keseluruhan dimenangkan oleh OnePlus 3 baik dari sisi performa maupun baterai.

Perbandingan kamera Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3 turut menjadi poin penting mengingat berdasar studi terkini fitur kamera dianggap sebagai poin paling penting di mata konsumen ponsel.
OnePlus pernah gagal di sektor ini kala membesut OnePlus 2 serta OnePlus X, bahkan konon kunci kegagalan dua ponsel tersebut adalah berkat kualitas kamera yang jauh di bawah ekspektasi.

OnePlus sudah banyak belajar dari kesalahan tersebut, kini sensor IMX298 buatan Sony menjadi andalan pada kamera utama 16 MP yang memiliki aperture f/2.0. Fitur-fitur seperti PDAF serta OIS turut mendampingi kamera tersebut.

Kamera Xiaomi Mi5 tidak kalah gahar dengan sensor IMX298 pula untuk kamera utama 16 MP berlapis Sapphire yang lagi-lagi juga memiliki aperture f/2.0. Xiaomi Mi5 bahkan menawarkan pula teknologi DTI yang sebelumnya digunakan terlebih dahulu oleh iPhone 6s.

Kamera Xiaomi Mi5 mungkin terkesan unggul berkat dukungan segudang fitur canggih, sebelumnya kamera Mi4i sang pendahulu pun juga sudah mendapat banyak apresiasi. Namun kala uji langsung dalam kondisi sesungguhnya fakta bicara beda. Foto hasil kamera OnePlus 3 menghasilkan dynamic range yang lebih baik jika dibanding foto hasil kamera Xiaomi Mi5. Meski tak bisa dibandingkan dengan kamera Samsung Galaxy S7 namun bahkan dalam kondisi minim cahaya kamera OnePlus 3 masih mampu menangkap detil serta meminimalisir noise lebih baik dibandingkan kamera Xiaomi Mi5 kala diperhadapkan pada situasi yang serupa.

Kamera selfie OnePlus 3 dengan 8 MP pun mampu menghasilkan detil foto lebih baik dibandingkan kamera selfie 4 MP yang menjadi andalan Xiaomi Mi5.

Performa kecepatan kamera Xiaomi Mi5 memang lebih baik dibanding OnePlus 3, namun karena hasil akhir berupa foto menunjukkan kamera OnePlus lebih unggul maka kami memilih OnePlus 3 sebagai pemenang untuk poin perbandingan ini.

Perbandingan Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3

Konklusi Hasil Perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3

Harga OnePlus 3 dibanderol beberapa ratus ribu Rupiah lebih mahal dibandingkan harga Xiaomi Mi5, keduanya merupakan smartphone istimewa di kelasnya dengan keunggulan yang berbeda. Bagaimanapun jika harus memilih satu dari keduanya maka kami cenderung menjatuhkan pilihan kepada OnePlus 3 karena keunggulan dari sisi performa, fitur Dash Charge serta kamera yang lebih baik dibanding Xiaomi Mi5.

Karenanya jelas bahwa dalam perbandingan Xiaomi Mi5 vs. OnePlus 3 tampil sebagai pemenang mutlak adalah OnePlus 3.