on

HP Low-end Terbaik Sepanjang Tahun

HP Low-end terbaik sepanjang tahun memang masih didominasi oleh smartphone berbasis Android, meski demikian beberapa HP low-end berbasis Windows Phone juga turut mewarnai daftar kali ini. Dari sisi merek tingkat keberagamannya pun makin besar karena memang belakangan ini semakin banyak pabrikan yang tampak serius menggarap segmen low-end. Sebab di emerging markets seperti Cina, India dan Indonesia memang segmen low-end adalah segmen yang paling gemuk karenanya cukup wajar jika pabrikan berlomba-lomba menguasainya.

Kriteria HP low-end sendiri tidak selalu sama pemahamannya di mata pabrikan dengan konsumen bahkan konsumen yang satu dengan konsumen yang lain. Karena itu di sini kami mengkategorikan segmen ini sebagai ponsel dengan harga di bawah Rp 3 juta. Meski secara teoritis smartphone harga Rp 2,5 hingga 3 juta lebih tepat dikategorikan ke segmen mid-low namun khusus untuk daftar kali ini kami pilih memasukkannya ke segmen low-end karena perbedaannya tak terlalu signifikan.

HP Low-end Terbaik Sepanjang Tahun


Daftar HP Low-end Terbaik Tahun Ini

HP Low-end Terbaik #1: Motorola Moto G 2014

Motorola Moto G 2014 atau Moto G generasi kedua yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya selalu menempati urutan teratas daftar HP low-end terbaik dari berbagai versi. Hal in menunjukkan bahwa di kelas terendah HP berharga miring keluaran Motorola tersebut memang layak diakui sebagai yang terbaik di antara kompetitor yang ada.
Perubahannya memang tak signifikan dibanding generasi pertama, yaitu hanya berkisar pada penambahan ukuran lebar layar serta dukungan memori eksternal namun demikian Moto G masih mampu menunjukkan dominasinya dibanding kompetitor merek lain baik dari segi fitur, performa maupun build quality

Cek Harga Motorola Moto G
Motorola Moto G Motorola Moto G Gen.2
Perbedaan Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G Gen. 1
Perbedaan Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G Gen. 1
Sony Xperia Z2 beli sekarang


HP Low-end Terbaik #2: LG G2 Mini

LG G2 Mini mungkin bukan pilihan populer dibandingkan Moto G, Samsung Galaxy Grand 2 maupun Sony Xperia M2. Namun untuk kisaran harga yang ditawarkan performa serta fitur terutama di sektor kamera yang dimiliki oleh LG G2 Mini layak membuatnya ditempatkan pada posisi kedua.

Unit LG G2 Mini sendiri saat ini memang mulai sulit diperoleh karena kebanyakan retailer sudah tidak memiliki stok dan pihak pabrikan sudah mulai menghentikan produksinya, namun kabar positifnya saat ini LG sudah merilis LG G3 Beat sebagai penerus sekaligus versi penyempurnaan dari LG G3 Mini dan dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda.

Cek Harga LG G3 Beat dan LG G2 Mini
LG G3 Beat LG G2 Mini
Harga LG G3 Beat Harga LG G2
Sony Xperia Z2 beli sekarang



HP Low-end Terbaik #3: Samsung Galaxy Grand 2

Menempatkan Samsung Galaxy Grand 2 di posisi kedua sebenarnya sangat dilematis. Bukan soal kualitas atau performa yang menjadi penyebabnya melainkan karena harga yang relatif masih beragam di berbagai retailer. Umumnya saat ini harga Samsung Galaxy Grand 2 ada di angka Rp 2,9 juta-an namun beberapa retailer masih membanderolnya di atas Rp 3 juta yang menjadikannya tidak memenuhi kriteria kami yang membatasi harga di bawah Rp 3 juta.

Di luar itu Samsung Galaxy Grand 2 masih tetap menjadi pilihan populer karena memang dari dua fitur utama yang dianggap penting oleh konsumen smartphone masa kini yaitu kamera dan layar, HP Android keluaran Samsung ini sebenarnya masih yang terbaik dibanding kompetitor dalam daftar ini. Alasan kami tidak menempatkan di posisi pertama semata-mata adalah karena faktor harga yang termasuk terlalu mahal.

Harga Samsung Galaxy Grand
Samsung Galaxy Grand 2 Samsung Galaxy Grand Prime
Harga Samsung Galaxy Grand 2 Harga Samsung Galaxy Grand Prime
beli sekarang beli sekarang


HP Low-end Terbaik #4: Motorola Moto E

Diposisi keempat kembali ditempati oleh Motorola, kali ini adalah Moto E yang banderolnya lebih murah dibanding Moto G meski tentu saja ada penyunatan di beberapa sektor seperti spesifikasi maupun fitur. Alasan utama Moto E layak berada di posisi keempat adalah build quality yang superior dibanding kompetitor sekelas lainnya.
Bahkan jika dibandingkan Motorola Moto G generasi pertama ada beberapa kelebihan Moto E seperti dukungan memori eksternal serta penempatan speaker menghadap ke depan sehingga suara yang dihasilkan tidak tertutup oleh tangan.

Harga Microsoft Lumia 535
Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G
beli sekarang

HP Low-end Terbaik #5: Sony Xperia M2

Banyak kelemahan sebenarnya yang dimiliki oleh Sony Xperia M2 seperti ketiadaan dukungan resmi untuk update sistem operasi Lollipop, kualitas kamera yang tidak sesuai ekspektasi, serta kualitas suara yang kurang keras kala digunakan bertelepon. Namun di balik itu strategi penetapan harga agresif yang dilakukan oleh Sony menempatkan Xperia M2 sebagai salah satu kandidat kuat untuk HP Android Low-end terbaik kisaran harga kurang dari Rp 3 juta. Di samping itu beberapa keunggulan yang dimilikinya meliputi estetika desain serta build quality, performa di atas rata-rata kompetitor sekelas dan performa baterai yang handal juga mampu mengimbangi kelemahan yang dimilikinya.

Harga Sony Xperia M2
HP Low-end Terbaik Sepanjang Tahun
beli sekarang


HP Low-end Terbaik #6: Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5 menjadi salah satu favorit di kelas low-end semenjak pabrikan asal Taiwan itu memperkenalkannya. Layar berukuran 5 inch dengan resolusi HD, kamera utama 8 MP serta desain yang elegan untuk ukuran smartphone kelas ini merupakan keunggulan dari Zenfone 5. Di sisi lain keputusan Asus mengandalkan prosesor besutan Intel sebenarnya merupakan blunder, sebab dari sisi kompabilitas dengan aplikasi tertentu serta kebutuhannya akan sumber daya baterai yang relatif besar sering menimbulkan keluhan dari pengguna Asus Zenfone 5 maupun seri Zenfone lainnya.

Harga Asus Zenfone 
8GB – RAM 1GB 8GB – RAM 1GB
Harga Asus Zenfone 5 Harga Asus Zenfone 5 Ram 2 GB
Rp 2.099.000
Rp 1.874.000
Rp 2.099.000
Rp 1.874.000
beli sekarang
8GB – RAM 2GB 8GB – RAM 2GB
Harga Asus Zenfone 5 terbaru Harga Asus Zenfone 5
Rp 2.799.000
Rp 2.279.000
Rp 2.799.000
Rp 2.279.000
beli sekarang beli sekarang
16GB – RAM 2GB 16GB – Ram 2GB
Harga Asus Zenfone 5 Harga Asus Zenfone 5
Rp 2.799.000

Rp 2.299.000
Rp 2.799.000

Rp 2.299.000
beli sekarang beli sekarang
Gratis Ongkos Kirim & Bisa Bayar di Tempat/Rumah ( COD)


HP Low-end Terbaik #7: Xiaomi Redmi 1s

Dari sisi kualitas Xiaomi Redmi 1s sebenarnya termasuk dalam kategori rata-rata namun miringnya harga yang ditawarkan berikut kecantikkan tampilan antar muka MIUI membuatnya layak disertakan sebagai salah satu kandidat dalam daftar HP low-end terbaik tahun ini.

HP Low-end Terbaik #8: Microsoft Lumia 535

Harga Smartphone Lumia 535 dan Lumia 530
Nokia Lumia 530 Microsoft Lumia 535
Nokia Lumia 530 Dual SIM Harga Microsoft Lumia 535
beli sekarang beli sekarang

Dari sisi build quality sebenarnya HP low-end berbasis Windows Phone ini layak ditempatkan di posisi pertama, namun bagaimanapun popularitas sistem operasi Windows Phone sendiri masih jauh di bawah Android yang membuat kami ragu menempatkan Lumia 535 di posisi lebih tinggi dalam daftar ini.
Meski dibanderol murah namun HP Low-end terbaik besutan Microsoft ini memiliki beberapa kelebihan seperti kamera utama 5 MP dan kamera sekunder 3 MP yang jarang ditawarkan oleh ponsel lain di kisaran harga kurang dari Rp 2 juta. Selain itu layarnya sudah dilapis Corning Gorilla Glass 3, padahal Samsung Galaxy A3 yang harganya jauh lebih mahal pun belum mengadopsi pelindung tersebut.

NB: Artikel ini dibuat pada bulan Januari 2015. Saat ini kondisinya sudah banyak berubah karena kehadiran smartphone -smartphone terbaru. Gelar HP low-end terbaik saat ini menjadi predikat yang dimiliki oleh Meizu M2 Note yang banderolnya tak sampai Rp 2 juta.